Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana
seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik.
Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili
kualitas sistem tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface
(GUI), yang tidak lagi digunakan.
Ide dari TUI adalah untuk
memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara anda mengontrol melalui manipulasi
fisik dengan memiliki makna yang mendasar atau hubungan langsung yang
menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku yang mereka picu pada sistem.
Karakteristik TUI:
- Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari.
- Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
- Representasi fisik perseptual digabungkan dengan representasi digital secara aktif dimediasi
- Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem
Salah satu pionir dalam user
interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media
Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group. visi tertentu Nya bagi
Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu memberikan bentuk fisik ke informasi
digital, membuat bit-bit nya dapat di maniplulasi secara langsung dan terlihat
jelas. Tangible bits mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda
yaitu dari bit dan atom.
Jadi secara harfiah nya
tangible user interface (TUI) adalah sebuah system digital yang membuat sebuah
benda menjadi nyata,dapat di sentuh di raba dan memiliki bentuk.
Penerapan Tangible User
Interface
- Mouse
Salah satu penerapan TUI
yang paling sederhana adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui permukaan datar
dan gerakan pointer pada layar yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan
sistem digital melalui manipulasi objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan
perangkat tersebut memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu
sistem, misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse
maju. Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai perangkat
input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
- Siftables
merupakan perangkat kecil
dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk menyerupai batu bata
kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan
mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain tergantung pada
posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat
mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
- Reactable
Reactable adalah alat musik
yang dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan
lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan
pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set pucks dapat ditempatkan.
Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka pergi), dengan
memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain dapat
menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel
atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping
ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan mulai berinteraksi dengan
keping lain, menurut posisi dan kedekatannya. Interaksi ini terlihat pada
permukaan meja yang bertindak sebagai layar, memberikan umpan balik instan
tentang apa yang sedang terjadi di Reactable, mengubah musik ke dalam sesuatu
yang terlihat dan nyata.
- Microsoft Surface
merupakan sebuah teknologi
dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan
built in system pada waktu yang sama. Yang menjadi perhatian adalah hal
tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat
mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku
yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
- Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable
User Interface adalah Marble Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh
Durrell Uskup (1992). Marmer merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin
penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang
terkait.
- Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok
LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri
menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar
blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali
gerakan-gerakan tersebut. Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa
gambar di atas meja sistem dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan
tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y
hanya sebagai salah satu program yang akan di cat. Sistem ini akan
mengintegrasikan kamera video dengan sistem pengenalan isyarat.
Sulit untuk melacak dan
mengabaikan jumlah yang berkembang pesat dari semua sistem dan alat, akan
tetapi sebagian besar dari vendor tampaknya hanya memanfaatkan teknologi yang
tersedia dan terbatas dengan beberapa eksperimen awal dan melakukan tes dengan
beberapa ide dasar atau hanya mereproduksi sistem yang telah ada. Beberapa dari
vendor berkiprah pada interface dan dikerahkan pada ruang publik atau lebih
cenderung dalam instalasi seni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar