Selamat Datang Di Blog Saya

Sabtu, 12 Maret 2011

RUTINITAS BAYI YANG PENTING UNTUK MEMBENTUK KEBIASAAN BAIK


Jakarta, Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Untuk itu orangtua harus mengetahui 4 rutinitas penting yang sebaiknya dilakukan oleh bayi.

"Rutinitas akan membuat hidup menjadi lebih mudah serta membantu membentuk ikatan antara orangtua dengan anak," ujar Karen Ruskin, Psy.D seperti dikutip dari Parenting.com,Kamis (10/3/2011).

Bayi akan mengembangkan rasa aman dan kepercayaan ketika ia sudah tahu apa yang akan dilakukannya atau memiliki rutinitas yang sama, sehingga hal ini akan membantunya berkembang. Untuk itu ketahui 4 rutinitas yang penting bagi bayi.

Rutinitas makan
Makan adalah salah satu kepuasaan bayi yang harus dilayani. Bayi akan lebih bahagia dan santai saat makan jika ia mengetahui sejak awal bahwa ia merasa lapar. Dan jika bayi masih menyusu, maka suplai susu akan lebih konsisten jika orangtua memiliki rutinitas yang sama setiap harinya. Hal ini bukan berarti orangtua harus memiliki jadwal yang kaku dan ketat, tapi usahakan orangtua konsisten dalam memberinya pola makan.

Rutinitas bermain
Bermain adalah kegiatan yang bisa membantunya berkembang, belajar dan menyerap hal-hal baru, karenanya penting untuk menjaga suasana tetap menyenangkan bagi anak. Cobalah memberikan stimulasi lembut seperti membacakan buku untuknya, memberinya mainan baru, menggoyang-goyangkan badan atau berjoget di lantai. Umumnya bayi akan belajar lebih aman jika ia merasa rutin dan akrab dengan sesuatu.

Usahakan untuk tidak bermain dalam suasana yang hiruk pikuk karena akan membuat bayi tidak nyaman dan fokus. Untuk bayi yang masih kecil maka rentang waktu 10-15 menit sudah cukup bagi bayi untuk bermain. Umumnya bayi akan sangat sensitif terhadap warna, lampu dan suara.

Rutinitas mandi
Diperlukan waktu yang konsisten, tidak terburu-buru atau tidak sedang stres saat memandikan bayi, sehingga ia terangsang untuk merasa segar dan santai setelah mandi. Untuk itu persiapkan bak, shampoo, sabun, lotion, handuk dan popok bayi sebelum melepaskan pakaian bayi.

Lepaskan pakaian secara lembut, teruslah berbicara sepanjang memandikan bayi untuk menenangkannya serta menyiramkan air secara perlahan sehingga tidak mengagetkan. Jika bayi sudah merasakan tidak nyaman dan ketakutan di awal maka ia akan berontak saat dimandikan. Untuk itu cobalah mengelap badan bayi selama beberapa minggu sampai ia bisa beradaptasi kembali.

Rutinitas tidur
Orangtua harus mengetahui tanda-tanda bayi mulai mengantuk seperti kelopak mata murung, menguap, menggosok-gosok mata dan menjadi rewel atau gelisah. Jika bayi merasa tidak nyaman akan membuatnya sulit tidur.

Satu jam sebelum bayi tidur mulailah dengan rutinitas seperti mandi, memberikan pijatan ringan, meredupkan lampu dan membuat bayi merasa nyaman.

Pada bulan-bulan awal kelahiran bayi akan tertidur saat menyusui, tapi cobalah mengajarkan bayi untuk belajar menenangkan dirinya sendiri. Jika bayi memiliki rutinitas yang sama setiap malamnya atau konsisten, maka ia lebih mudah untuk tidur dan bisa mengurangi stres orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar