Selamat Datang Di Blog Saya

Sabtu, 14 Mei 2011

BEI RESTUI GARUDA KUASAI REORGANISASI


Jakarta - Rencana kuasi reorganisasi PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sudah mendapat green light (persetujuan) dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Kuasi reorganisasi bertujuan untuk memperbaiki neraca keuangan perseroan, dan dapat bermanfaat kepada pemegang saham.

Hal ini disampaikan Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan di kantornya, Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (13/5/2011).

"Regulator sudah kasih green light. Dari Stock Exchange," ungkapnya.

Ia menambahkan, persetujuan atas kuasi reorganisasi baru akan disampaikan resmi dalam RUPS Luar Biasa di bulan Juli atau Agustus nanti. Laporan keuangan triwulan II-2011 menjadi acuan kuasi reorganisasi ini.

"Kita agendakan itu di Juli-Agustus. Pakai laporan keuangan Juni, kan satu bulan audit. Ini membawa manfaat pemegang saham. Akan ada pembenahanbalance sheet," tuturnya.

Perbaikan neraca yang dimaksud Elisa, berupa penghapusan akumulatif kerugian dan penghitungan ulang atas aset GIAA yang mereka miliki. Kuasi reorganisasi berdasarkan aturan pencatatan keuangan terbaru yang berlaku di Indonesia.

"Kan yang dulu rugi terus. Ada gain dari revaluasi asset menjadi sesuai. Dalam prinsip akuntansi terbaru ada perbedaan. Yakni sebelumnya penilaian hanya dari nilai usia ekonomis. Yang sekarang, dinilai dari nilai pasar dan nilai produktifitas aset itu sendiri," paparnya.

Elisa mencontohkan, untuk pesawat berusia 15 tahun bisa nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan dengan nilai buku. Karena untuk pesawat seri tertentu jika dijual ke pasar masih banyak peminat.

"Kuasi ini untuk menghapus negative earning karena ada kumulatif kerugian," tambah Direktur Utama GIAA, Emirsyah Satar.

Di sisi lain, Emir menyebut total armada GIAA saat ini ada 85 pesawat hingga triwulan I-2011, naik dari periode yang sama tahun lalu, 73 pesawat. Perseroan menambah 21. Dimana 20 pesawat berjenis Boeing B737-800, dan satu pesawat lain Airbus A330-200.

"Pada 2011, Garuda akan menerima 11 pesawat baru terdiri dari dua A330-200 dan 9 B737-800 Next G," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar