Selamat Datang Di Blog Saya

Sabtu, 12 November 2011

LAVENDER EFEKTIF RINGANKAN NYERI


Jakarta, Lavender memang bukan tanaman asli Indonesia dan jarang dibudidayakan di daetrah beriklim tropis. Namun orang-orang hampir di seluruh dunia pasti sudah kenal khasiatnya sebagai pewangi dan penangkal nyamuk. Ternyata khasiat lavender tak hanya itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri.

Penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak lavender dapat mengurangi stres dan rasa sakit yang disebabkan oleh suntikan jarum ke dalam kulit. Dalam suatu penelitian yang dimuatJournal of Alternative and Complementary Medicine, peneliti menguji 30 orang relawan.

Sebelum menggunakan minyak lavender, semua relawan merasakan rasa sakit yang sama ketika jarum suntik ditusukkan ke dalam kulitnya. Namun kelompok yang menghirup minyak lavender sebelum percobaan kedua menunjukkan penurunan rasa nyeri akibat suntikan jarum. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa minyak lavender secara nyata membantu pasien mengatasi rasa nyeri.

Lavender (Lavandula angustifolia) merupakan tanaman pegunungan dari daerah Mediterania dan dibudidayakan secara luas di Eropa, Amerika Serikat dan Australia. Minyak tanaman ini banyak digunakan dalam peralatan mandi, kosmetik, dan pewangi, dan merupakan aromaterapi yang populer.

Nama lavender berasal dari bahasa Latin 'lavar' yang artinya mencuci. Di peradaban Mesir kuno, lavender digunakan untuk kosmetik dan pembalseman mayat. Di rumah, lavender dapat ditebarkan di atas lantai untuk mengharumkan ruangan. Bahkan Raja Charles VI dari Perancis selalu membawa bantal lavender kemanapun ia tidur.

Lavender juga digunakan oleh para perampok kuburan untuk menangkal ilmu hitam. Dalam ilmu kedokteran Buddhis Tibet, lavender digunakan untuk mengobati psikosis. Dikenal karena sifatnya sebagai obat penenang, minyak lavender dapat ditaburkan ke bantal untuk membantu agar tidur nyenyak.

Dr James Duke, dalam bukunya The Green Pharmacy, merekomendasikan lavender untuk mengatasi amenore (sulit menstruasi), luka bakar, sindrom carpal tunnel, insomnia, nyeri, psoriasis, dan vaginitis. Di Jerman, Komisi yang bertugas mengatur obat herbal juga mendukung penggunaan lavender untuk mengatasi sakit perut, insomnia, dan gangguan saraf dan usus.

Tanaman lavender juga bagus ditanam di kebun dan dapat membentuk pagar ungu berwarna-warni. Ketika lavender mekar, aromanya manis dan menenangkan. Sedikit minyak lavender dalam aromaterapi bakar dapat menciptakan suasana damai dalam ruangan dan membantu relaksasi.

Menurut FoxNews, Jumat (11/11/2011), Lavender mengandung senyawa aromatik linalyl asetat, linalool, cineol, kamper, limonene, dan lainnya. Dalam penelitian pada hewan, minyak lavender mampu menenangkan sistem saraf. Sedangkan penelitian pada manusia, penggunaan minyak lavender dalam bak mandi efektif untuk mengobati ketidaknyamanan pada daerah selangkangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar