Selamat Datang Di Blog Saya

Minggu, 21 November 2010

BAYI PUN BISA ALAMI BAU KAKI

Bau kaki kerap menjadi masalah pada orang dewasa. Tapi ternyata tak hanya orang dewasa, kaki bayi yang imut dan lucu pun bisa mengalami bau kaki. Apa penyebabnya?

Menurut Dr Rosario Labarbera, kepala bagian podiatri di General Hospital Center dan Saint Mary's Hospital di Passaic, New Jersey, kaki bayi dan anak-anak sering berkeringat bahkan lebih dari kaki orang dewasa. Inilah yang menyebabkan bayi juga mengalami bau kaki.

Penyebab bau kaki pada bayi biasanya mudah diobati dengan beberapa tindakan pencegahan. Dilansir Livestrong, Kamis (18/11/2010), berikut beberapa faktor yang menyebabkan bau kaki pada bayi:

1. Bakteri
Bakteri pada kaki bayi dapat menyebabkan bromhidrosis, yaitu kondisi yang membuat kaki sangat bau. Bakteri ini akan tumbuh pada kaki yang berkeringat dan memakan sel-sel kulit mati serta minyak di kulit kaki. Saat memproses makanannya, bakteri menghasilkan senyawa belerang yang mirip dengan bau telur busuk, sehingga membuat kaki bayi menjadi bau.

2. Kaki lembab dan kotor
Kaki yang berkeringat dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh. Dan jika tidak dibersihkan setiap hari, bau pada kaki akan terus berlanjut. Untuk itu, bersihkan kaki bayi yang berkeringat, lembab dan kotor dengan handuk yang dibasahi air hangat setiap hari.

Pastikan juga kaki bayi benar-benar kering setelah mandi. Hindari penggunaan lotion bila kaki bayi masih berbau karena hal tersebut dapat membuatnya semakin lembab dab menyediakan makanan untuk bakteri.

3. Kaus kaki
Kaus kaki bayi biasanya terlihat lucu dengan warna warninya, tapi ini juga berkontribusi menyebabkan kaki bayi menjadi bau. Kaus kaki yang dimaksudkan adalah kaus kaki berbahan buatan, yaitu serat yang memungkinkan produsen membuatnya dengan harga murah.

MayoClinic.com merekomendasikan orangtua untuk membeli kaus kaki yang terbuat dari serat alami seperti katun 100 persen atau wol. Kaus kaki dengan bahan ini akan cukup lembut untuk kulit bayi dan juga dapat menyerap keringat.

4. Sepatu plastik
Kaki bayi yang kecil dan imut sering membuat orangtua ingin membelikan bermacam-macam sepatu. Namun orangtua harus hati-hati dan pandai memilih, jangan pilih sepatu berbahan plastik karena bisa menyebabkan kaki bayi lembab dan bau. Pilihlah sepatu berbahan alami seperti kulit atau kain yang dapat menguapkan keringat sebelum bakteri berkembangbiak di kaki bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar