Selamat Datang Di Blog Saya

Sabtu, 27 November 2010

PENGALAMAN ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

A. Arti Istilah Organisasi
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


B. Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.


C. Pembahasan.
Tugas pertama disini saya akan membahas pengalaman (experiences) saya di dalam suatu organisasi formal & informal, telah kita ketahui definisi dari masing-masing macam organisasi antara lain formal & informal yang seperti tertera pada bacaan di atas.

Pertama saya akan menerangkan pengalaman saya di dalam organisasi formal.

Semenjak saya lulus dari SDN 11 Tambun Selatan, dan saya melanjutkan ke SMPN 4 tambun selatan. Disana saya memulai masuk ke sebuah organisasi yang ada di smp tersebut. Dari mulai kelas 1 smp  saya mulai masuk ke organisasi PMR untuk menjadi anggota. Tapi itu tidak lama kemudian saya keluar dari organisasi PMR dan berpindah ke organisasi ROHIS, nah,,., di organisasi inilah saya mulai berkembang ketika itu ada perlombaan yang diadakan oleh organisasi ROHIS , saya mengikuti lomba MTQ untuk mewakili kelas saya, dan akhirnya saya mendapatka juara ke 3 antar kelas, waww.,. saya heran sekaligus bangga juga sh, hehhe, kelas 3 ada perlombaan itu lagi dan saya menikuti nya lgi untuk perwakilan kelas iseng-iseng shih bisa mendapatkan juara ke 1, hehehe, dan akhirnya benar juga saya mendapatkan juara ke 1, alhamdulillah, setelah itu saya diminta untuk mewakili nama sekolah mengikuti lomba MTQ  antar sekolah di kabupaten yang diadakan di SMPN1 Tambun Selatan, waw, saya gemeter langsung, hihih, tapi saya menerimanya sekali, iseng-iseng barangkali dapet juara, dan akhirnya saya tidak mendapatkan juara, hikzzz, walau sedih n berat hati, tapi tidak apalah, yang terpenting ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa, bisa mengikuti lomba-lomba di organisasi yang saya punyai yaitu ROHIS, setelah keluar dari smp saya melanjutkan ke SMAN 9 bekasi disana saya juga masuk ke organisasi ROHIS dan mengikuti segala mcam perlombaan yang diadakan ROHIS tersebut, jadi tambah pede n semangat aja nih hidup, hihih, itulah pengalaman saya di organisasi ROHIS yang kata orang sih organisasi anak-anak sholeh, hehehe, amin., walaupun sebagai anggota.

Kedua saya akan menjelaskan pengalaman saya di  organisasi informal.

Pengalaman saya di Organisasi informal yaitu pernah menjabat menjadi sekertaris di dalam Panitia HUT RI yang ke-63-65 di Rt 08/12 tahun 2008 - 2010 sekarang, dan baru-baru ini saya ikut serta dalam kegiatan kepanitiaan. Di dalam kepanitiaan HUT RI ini saya mempunyai pengalaman dalam organisasi dilingkungan perumahan, saya mendapat banyak ilmu disini diantaranya : mendapat ilmu bagaimana caranya membuat surat undangan, cop surat panitia, membuat lambang panitia di aplikasi corel draw, tata cara bahasa yang benar untuk kata-kata dalam latar belakang acara kepanitiaan, susunan acara, dsb.

Tetapi di kepanitiaan ini pasti terdapat kekurangan, karena tidak selalu perfect pasti sebuah kepanitiaan itu, dari kekurangan ini kita dapat ambil hikmahnya dan belajar dari kekuranangan, untuk prospek buat kedepan jika saya menjadi pengurus panitia HUT RI kembali. Itulah pengalaman saya di organisasi informal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar