Selamat Datang Di Blog Saya

Minggu, 21 November 2010

MIMPI PADA IBU HAMIL

Mimpi atau bunga tidur bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu yang sedang hamil. Tapi terkadang mimpi yang muncul pada ibu hamil mengartikan sesuatu mengenai kehamilannya.

Selama hamil berbagai emosi campur aduk di dalam tubuh si ibu, karenanya ibu hamil akan tampak lebih sering mengalami mimpi dibandingkan orang biasa. Hal ini karena mimpi mencerminkan keadaan emosi seseorang.

Seperti dikutip dari Babycenter, Kamis (18/11/2010) perubahan hormon yang terjadi saat hamil terutama hormon progesteron bisa membuat ibu hamil lebih sering bermimpi dan juga terlihat lebih nyata.

Mimpi yang muncul biasanya tergantung dari trimester kehamilannya, dan jika ada risiko terhadap kehamilannya maka mimpi yang muncul mungkin bisa mengganggu waktu tidur dan membuat ibu hamil terbangun di malam hari.

Trimester pertama
Pada trimester awal ini umumnya ibu hamil bermimpi mengenai kesenangannya memiliki anak. Selain itu kombinasi dari harapan agar mudah dalam melahirkan dan pemahaman yang tidak lengkap mengenai proses persalinan bisa membuat ibu hamil sering mengalami mimpi. Ketakutan terhadap perubahan tubuh juga bisa membuat ibu-ibu hamil bermimpi memiliki tubuh yang gemuk sehingga membuatnya sulit bergerak atau melakukan sesuatu.

Pada trimester ini ibu hamil mungkin sering bermimpi dirinya tengah berenang yang melukiskan kesadaran untuk mengumpulkan air dalam rahimnya. Air dalam mimpi ini menunjukkan kesadaran sang ibu mengenai kandungan air ketuban di dalam tubuhnya.

Trimester kedua
Selama trimester kedua, mimpi ibu hamil biasanya berupa binatang seperti anak anjing, anak ayam atau kucing, tergantung dari sikap dan situasinya saat hamil. Ibu hamil juga cenderung mendapatkan mimpi erotis, hal ini karena ia cemas perubahan tubuhnya akan berpengaruh terhadap kehidupan seknya yang akan menimbulkan rasa canggung atau frekuensi berkurang, sehingga ia akan mencari kompensasinya dalam bentuk mimpi.

Trimester ketiga
Mimpi yang muncul pada trimester ketiga biasanya berhubungan dengan jenis kelamin si janin serta memperkirakan wajah bayi yang lebih mirip dirinya atau sang ayah. Sebuah penelitian mengungkapkan sekitar 50 persen ibu hamil secara akurat berhasil memprediksi jenis kelamin bayinya melalui mimpi yang dialami.

Selain itu studi lain juga menemukan bahwa mimpi yang dialami sang ibu menunjukkan sekitar 15 persen wajah dari bayi yang dikandung, dan terkadang mimpi yang muncul bisa sangat akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar